Blog ini dikerjakan bersama-sama oleh siswa UPH College kelas 12 (12A6). Dibawah ini merupakan kolom pembagian tugas untuk setiap indikator.
Materi
|
Nama
|
|
1
|
Menjelaskan
objek dan permasalahan biologi
|
Hanna
|
2
|
Menjelaskan
peran Virus, Archaebacteria dan Eubacteria
|
Hanna
|
3
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri kelompok jamur dan protista
|
Carolyn
|
4
|
Menentukan
dasar pengelompokan makhluk hidup
|
Gwen
|
5
|
Upaya
pelestarian sumber daya alam tertentu
|
Felicia L
|
6
|
Ciri
kelompok tumbuhan
|
Joy
|
7
|
Cara
perkembangbiakan hewan invertebrata
|
Steven A
|
8
|
Ciri
kelompok hewan vertebrata
|
Novie
|
9
|
Hubungan
antarkomponen dan aliran energi
|
Rachael
|
10
|
Daur
biogeokimia
|
Citra
|
11
|
Keterkaitan
manusia dengan pencemaran lingkungan
|
Carolyn
|
12
|
Struktur
sel dan komponen kimiawinya serta proses-proses
|
Evan
|
13
|
Fungsi
organel sel pada tumbuhan dan hewan
|
Steven T
|
14
|
Jaringan
pada tumbuhan dan hewan
|
Rosalia
|
15
|
Mekanisme
gerak/otot/sendi/penyakit
|
Felicia L
|
16
|
Sistem
peredaran darah
|
Steven A
|
17
|
Sistem
pencernaan
|
Citra
|
18
|
Sistem
pernapasan
|
Gwen
|
19
|
Sistem
eskresi
|
Evan
|
20
|
Sistem
saraf, endokrin, dan pengindraan pada manusia
|
Kenson
|
21
|
Sistem
reproduksi
|
Clifford
|
22
|
Mekanisme
pertahanan tubuh
|
Andrean
|
23
|
Hasil
percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
|
Clifford
|
24
|
Ciri-ciri
dan cara kerja faktor yang mempengaruhi enzim
|
Steven T
|
25
|
Proses
katabolisme karbohidrat
|
Rachael
|
26
|
Respirasi
aerob
|
Rachael
|
27
|
Tahapan
proses anabolisme (fotosintesis)
|
Novie
|
28
|
Respirasi
anaerob
|
Rahel
|
29
|
Susunan
nukleotida DNA, RNA atau kromosom
|
Andrean
|
30
|
Proses
sintesis protein
|
Ervina
|
31
|
Tahap
pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis
|
Ervina
|
32
|
Persilangan
berdasarkan hukum Mendel
|
Aileen
|
33
|
Persilangan
pada enyimpangan hukum Mendel
|
Sharon
|
34
|
Pewarisan
cacat/penyakit menurun pada manusia
|
Sharon
|
35
|
Peristiwa
mutasi
|
Felicia F
|
36
|
Teori
asal-usul kehidupan dan pembuktiannya
|
Rahel
|
37
|
Prinsip-prinsip
penting pada evolusi
|
Kosuke
|
38
|
Prinsip
dasar bioteknologi
|
Karen
|
39
|
Aplikasi
bioteknologi konvensional/modern
|
Karen
|
40
|
Dampak
aplikasi bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan
|
Aileen
|
Pembagian tugas ini dilakukan dengan cara melihat seberapa banyak materi yang harus dipaparkan, sehingga semua siswa dapat memiliki pembagian tugas yang merata dan adil. Beberapa siswa hanya menjelaskan 1 indikator, hal ini dikarenakan dalam satu indikator tersebut, terdapat banyak detail yang harus dijelaskan, sehingga tingkat kesulitan dalam membuat 1 indikator berimbang dengan siswa yang membuat 2 atau lebih indikator.
Selain pembagian tugas dalam materi, pembagian tugas lain juga dilakukan untuk beberapa siswa:
Felicia F: Logo
Felicia L: Nama Blog
Rahel: Final Checking
Sharon: Final Checking & Finishing
Felicia F: Logo
Felicia L: Nama Blog
Rahel: Final Checking
Sharon: Final Checking & Finishing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar