INDIKATOR 1
OBJEK KAJIAN BIOLOGI
Biologi
adalah ilmu yang mengkaji dan mempelajari tentang mahluk hidup (organisme), dengan
demikian Biologi merupakan ilmu pengetahuan yang paling dekat dengan kehidupan.
Biologi merupakan bidang ilmu yang luas, bagian dari IPA serta berkaitan dengan
ilmu-ilmu yang lain dan membentuk cabang ilmu pengetahuan yang baru. Contohnya
biologi dengan fisika menjadi biofisika, biologi dengan kimia menjadi biokimia,
dan lain-lain.
- Molekul : partikel-partikel penyusun sel makhluk hidup.
- Sel : unit kehidupan terkecil makhluk hidup.
- Jaringan : kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi sama.
- Organ : kumpulan jaringan yang menjalankan fungsi tertentu dalam tubuh.
- Sistem organ : kumpulan organ yang menjalankan fungsi tubuh tertentu dalam tubuh.
- Individu : organisme tunggal.
- Populasi : kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah pada waktu tertentu.
- Komunitas : kumpulan populasi dari berbagai spesies yang saling berinteraksi dalam suatu habitat.
- Ekosistem : interaksi antara populasi-populasi penyusun komunitas dengan lingkungan abiotiknya.
- Bioma : sekelompok hewan dan tumbuhan yang tinggal di suatu lokasi geografis tertentu.
- Biosfer : berbagai macam ekosistem yang ada di dunia.
A. Cabang-Cabang
Ilmu Biologi
Karena ruang lingkup yang luas maka ilmu
biologi berkembang membentuk cabang-cabang ilmu biologi berdasarkan
kriteria-kriteria tertentu. Berikut contoh cabang biologi beserta objek kajiannya.
No
|
Cabang
Biologi
|
Objek
Kajian
|
1
|
Botani
|
Mempelajari
dunia tumbuhan.
|
2
|
Zoologi
|
Mempelajari
dunia hewan.
|
3
|
Anatomi
|
Mempelajari
struktur dan susunan tubuh makhluk hidup.
|
4
|
Fisiologi
|
Mempelajari
fungsi tubuh dan proses-proses dalam tubuh organisme.
|
5
|
Sitologi
|
Mempelajari
struktur dan fungsi sel.
|
6
|
Histologi
|
Mempelajari
struktur dan fungsi jaringan.
|
7
|
Morfologi
|
Mempelajari
struktur dan bentur luar tubuh organisme.
|
8
|
Embriologi
|
Mempelajari
tahapan perkembangan organisme sejak zigot hingga menjadi organisme.
|
9
|
Mikrobiologi
|
Mempelajari
mikroorganisme (jasad renik).
|
10
|
Patologi
|
Mempelajari
berbagai macam penyakit pada organisme.
|
11
|
Bakteriologi
|
Mempelajari
bakteri dan kehidupannya.
|
12
|
Ekologi
|
Mempelajari
interaksi antar makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungan.
|
13
|
Entomologi
|
Mempelajari
serangga dan kehidupannya.
|
14
|
Evolusi
|
Mempelajari
perkembangan makhluk hidup dari bentuk sederhana hingga kompleks.
|
15
|
Genetika
|
Mempelajari
penurunan sifat makhluk hidup kepada keturunannya.
|
16
|
Ornitologi
|
Mempelajari
burung dan kehidupannya.
|
17
|
Teratologi
|
Mempelajari
tentang cacat perkembangan pada embrio.
|
18
|
Virologi
|
Mempelajari
virus dan karakteristiknya.
|
19
|
Parasitologi
|
Mempelajari
organisme parasit dan pengaruhnya bagi kehidupan.
|
20
|
Taksonomi
|
Mempelajari
pengelompokkan makhluk hidup ke dalam tingkatan-tingkatan tertentu.
|
B. Metode
Ilmiah
Metode ilmiah adalah langkah-langkah
yang dilakukan secara berurutan dan sistematis untuk mendapatkan pengetahuan. Langkah-Langkah
dalam metode ilmiah yaitu sebagai berikut :
- Observasi/Pengamatan (untuk menemukan masalah).
- Merumuskan masalah.
- Kajian pustaka.
- Mengajukan hipotesis.
- Melakukan percobaan/eksperimen.
- Menarik kesimpulan.
Pengamatan/observasi bertujuan untuk mendapatkan
data-data yang diperlukan dalam sebuah penelitian. Berdasarkan sifatnya, data
observasi dibedakan menjadi 2, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.
Perbedaan antara kedua jenis data tersebut adalah data kualitatif tidak bisa
diukur atau dihitung besarannya contohnya adalah warna, bentuk, dan lain-lain. Sedangkan data kuantitatif adalah
data yang bisa diukur dan dihitung besarannya contohnya adalah jumlah, volume,
kecepatan dan lain-lain.
D. Variabel
Penelitian
Ketepatan menentukan variabel penelitian
sangat penting dalam keberhasilan suatu percobaan. Ada tiga jenis variabel
penelitian yaitu variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol.
1. Variabel
bebas/manipulasi yaitu faktor yang sengaja diubah oleh sang peneliti .
2.
Variabel terikat/respon yaitu faktor
yang berubah tergantung perubahan variabel bebas.
3.
Variabel kontrol yaitu faktor yang
sengaja tidak diberi perlakuan untuk pembanding.
Contoh:
Sebuah
penelitian berjudul “Pengaruh cahaya terhadap perkecambahan biji”. Tiga jenis variabel
penelitian dari percobaan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Variabel
bebas/manipulasi : variasi cahaya (tempat gelap dan terang).
2.
Variabel terikat/respon : perkecambahan
biji.
3.
Variabel kontrol : jenis, warna, dan
jumlah biji, tempat tanam, air, pupuk.
E. Peran Biologi bagi Kehidupan
Perkembangan
Biologi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan lingkungan. Dengan
memanfaatkan Biologi dapat dihasilkan produk-produk yang berguna bagi manusia.
Sebagai contoh alkohol, kecap, roti, tapai, dan nata de coco dihasilkan dengan memanfaatkan fermentasi oleh
mikroorganisme seperti jamur dan bakteri. Di bidang kesehatan dihasilkan produk
vaksin dan obat. Vaksin adalah mikroorganisme patogen yang dilemahkan dan dimasukkan
ke tubuh untuk menghasilkan antibodi. Obat adalah senyawa kimia yang dapat
diperoleh dari hewan atau tumbuhan maupun mikroorganisme yang diolah untuk
menyembuhkan penyakit, produk bibit pertanian dan peternakan yang berasal dari
hasil seleksi hibridisasi, mutasi, kultur jaringan, maupun rekayasa genetika
juga merupakan penerapan Biologi yang dapat memberikan hasil yang optimal.
Pengetahuan Biologi dapat membantu kita menyelesaikan segala persoalan
sehari-hari mulai dari lingkungan sekitar diri sendiri hingga lingkup ekosistem
yang lebih luas.
Soal
dan Pembahasan :
1. Penggunaan stem cell (sel punca) untuk terapi diabetes melitus tipe 1 dilakukan berdasar pada prinsip pluripotensi stem cell dalam hal kemampuan berdiferensiasi. Terapi tersebut melibatkan objek biologi yang dikaji dalam cabang ilmu dan tingkat organ biologi...
A. Anatomi – sel.
B. Fisiologi – organ.
C. Embriologi – jaringan.
D. Genetika – molekul.
E. Histologi – jaringan.
2. Alelopati merupakan mekanisme kimiawi tumbuhan dalam menghadapi kompetisi dengan tumbuhan lain. Fenomena tersebut dipelajari pada tingkat organisasi dan objek biologi yang dikaji melalui cabang ilmu…
1. Penggunaan stem cell (sel punca) untuk terapi diabetes melitus tipe 1 dilakukan berdasar pada prinsip pluripotensi stem cell dalam hal kemampuan berdiferensiasi. Terapi tersebut melibatkan objek biologi yang dikaji dalam cabang ilmu dan tingkat organ biologi...
A. Anatomi – sel.
B. Fisiologi – organ.
C. Embriologi – jaringan.
D. Genetika – molekul.
E. Histologi – jaringan.
2. Alelopati merupakan mekanisme kimiawi tumbuhan dalam menghadapi kompetisi dengan tumbuhan lain. Fenomena tersebut dipelajari pada tingkat organisasi dan objek biologi yang dikaji melalui cabang ilmu…
A. Komunitas – fisiologi.
B. Individu – ekologi.
C. Populasi – evolusi.
D. Organ – morfologi.
E. Komunitas – ekologi.
B. Individu – ekologi.
C. Populasi – evolusi.
D. Organ – morfologi.
E. Komunitas – ekologi.
A.
Mikrobiologi – sel.
B. Biokimia – molekul.
C. Genetik – molekul.
D. Mikrobiologi – ekosistem.
E. Ekologi – komunitas.
A.
Biokimia – genetika.
B. Biokimia – morfologi.
C. Sitologi – anatomi.
D. Genetika – evolusi.
E. Taksonomi – evolusi.
A.
Mengembangkan industri jamu sebagai alternatif obat-obatan herbal.
B. Menemukan vaksin dan antibiotik dari tumbuhan.
C. Mengidentifikasi jenis-jenis penyakit pada manusia.
D. Memproduksi jenis makanan yang bernilai gizi tinggi.
E. Mengidentifikasi jenis-jenis mikroba penyebab penyakit.
A. Menciptakan tanaman yang tahan terhadap hama dan penyakit.
B. Membentuk tanaman yang produktivitasnya tinggi.
C. Menghasilkan bibit unggul dalam jumlah banyak dengan sifat yang
bervariasi.
D.
Menghasilkan bibit tanaman dalam jumlah banyak dengan sifat
seragam.
E. Menciptakan tanaman transgenik dengan sifat yang berbeda dari
induknya.
A. Pemenuhan pangan berupa protein.
B. Mencegah penularan penyakit.
C. Pembuatan biogas.
D. Menghasilkan antibiotik.
E.
Membuat hewan tahan penyakit.
A. Identifikasi jenis-jenis mikroba penyebab penyakit pada manusia
atau hewan.
B.
Pencangkokan ginjal, jantung, sumsum tulang belakang, dan hati.
C. Pengaturan pola makan bergizi menggunakan teknik rasio.
D. Rekombinasi susunan gen virus flu burung buatan.
E. Penemuan vaksin dan antibiotik.
A. Mencari predator nyamuk Anopheles
sp.
B.
Memutus perkembangbiakan nyamuk Anopheles sp.
C. Mengobati penderita malaria sampai tuntas.
D. Mengisolasi penderita malaria di ruang khusus.
E. Memproduksi obat kimia sebanyak mungkin.
A. Identifikasi korban kejahatan melalui pemeriksaan golongan darah.
B. Visum tubuh korban untuk mengetahui jenis peluru yang ditembakkan.
C. Pemanfaatan anjing pelacak untuk menemukan narkotik yang
diselundupkan.
D. Pemanfaatan anjing pelacak untuk mencari pelaku kasus pencurian.
E.
Sidik DNA untuk menentukan terdakwa kasus kejahatan.
A. Mampu memupuk dirinya sendiri.
B. Menguraikan senyawa yang bersifat racun.
C. Dapat bertahan hidup pada areal yang gersang.
D.
Menghasilkan peptisida pembunuh hama.
E. Memproduksi asam amino lengkap.
A. Mengidentifikasikan suatu penyakit tertentu.
B. Membuat vaksin untuk menyembuhkan virus.
C. Membuat menu sehat dan seimbang.
D.
Mengetahui mikrobia penyebab berbagai penyakit.
E. Mencangkok organ ginjal dan jantung.
A. Mikroorganisme.
B. Parasitologi.
C.
Entomologi.
D. Ornithologi.
E. Patologi.
A. Fisiologi.
B. Ekologi.
C.
Evolusi.
D. Genetika.
E. Anatomi.
A. Genetika – ekosistem.
B. Virologi – ekologi.
C. Entomologi – populasi.
D. Mikrobiologi – komunitas.
E.
Patologi – populasi.
Berikut ini merupakan jawaban serta pembahasan untuk soal-soal di atas
1. Jawaban : E.
anatomi mempelajari struktur tubuh, fisiologi mempelajari fungsi tubuh, embriologi mengenai perkembangan dari zigot hingga menjadi organisme, genetika mempelajari penurunan sifat, histologi mempelajari jaringan. sehingga cabang ilmu biologi dengan tingkat organisasi yang berhubungan adalah histologi - jaringan.
2. Jawaban : E.
Ekologi merupakan cabang biologi yang mempelajari interaksi antar makhluk hidup. Evolusi merupakan cabang biologi yang mempelajari perkembangan dari masa ke masa, fisiologi merupakan cabang biologi yang mempelajari fungsi tubuh dan proses-proses dalam tubuh organisme, sedangkan morfologi merupakan cabang biologi yang mempelajari struktur dan bentur luar tubuh organisme. Dikarenakan didalam soal ini dikatakan bahwa “menghadapi kompetisi”, sehingga sudah pasti jawabannya bukan individu dan organ. Sedangkan soal ini merupakan cabang biologi ekologi, sehingga jawabannya adalah komunitas – ekologi.
3. Jawaban : A.
Cabang ilmu Biologi yang mempelajari tentang mikroorganisme, misal bakteri adalah Mikrobiologi. Adapun objek penelitian yang dipaparkan pada soal yaitu rekayasa genetika. Rekayasa genetika dapat diartikan sebagai kegiatan manipulasi gen untuk mendapatkan produk baru dengan cara membuat DNA rekombinan melalui penyisipan gen. Dalam hal ini kegiatan yang dilakukan adalah membuat bakteri pendegradasi plastik. Gen terdapat didalam sel. Sel merupakan unit kehidupan terkecil makhluk hidup. Jadi penelitian tersebut dikaji pada cabang ilmu Mikrobiologi dan terjadi pada tingkat sel.
4. Jawaban : A.
Teknik poliploidisasi pada tanaman bertujuan menghasilkan tanaman pangan unggul dengan produktivitas tinggi. Contoh tanaman poliploidisasi adalah semangka tanpa biji. Mutagen yang paling sering digunakan dalam teknik poliploidisasi adalah kolkisin, yaitu sejenis alkaloid yang dihasilkan oleh umbi Colchicum autumnale. Kolkisin bersifat menghambat pembentukan benang-benang spindel dari mikrotubulus pada tahap anafase pembelahan mitosis atau meiosis. Akibatnya, gerakan kromatid ke kutub-kutub sel terhambat sehingga terbentuklah poliploidi. Peristiwa tersebut dapat dipelajari melalui cabang ilmu Biologi, yaitu Biokimia dan Genetika. Biokimia merupakan cabang ilmu Biologi yang mengkaji proses-proses kimiawi dalam sistem kehidupan. Adapun Genetika merupakan cabang ilmu Biologi yang mengkaji cara pewarisan sifat pada makhluk hidup.
5. Jawaban : A.
Jamu merupakan obat tradisional yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Tidak semua tumbuhan dapat dibuat jamu. Oleh karena itu, dalam proses pembuatan jamu memanfaatkan cabang-cabang ilmu Biologi untuk mengidentifikasi jenis tumbuhan yang dapat diolah menjadi jamu, di antaranya Taksonomi, Anatomi, dan Fisiologi tumbuhan. Dengan ilmu Taksonomi dapat diketahui jenis tumbuhan berdasarkan kelompoknya. Dengan ilmu Anatomi dapat diketahui struktur organ tumbuhan. Dengan ilmu Fisiologi dapat diketahui jenis-jenis zat yang terkandung di dalam organ tumbuhan sehingga dapat dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan jamu. Menemukan vaksin dan antibiotik melibatkan ilmu Biologi yang membahas tentang mikroorganisme yaitu Mikrobiologi, Virologi, Bakteriologi, dan Mikologi. Mengidentifikasi jenis-jenis mikroba penyebab penyakit melibatkan cabang ilmu Biologi seperti Mikrobiologi, Virologi, Bakteriologi, Mikologi, dan Patologi. Memproduksi makanan yang memiliki nilai gizi tinggi melibatkan cabang ilmu Biologi seperti Bioteknologi.
6. Jawaban : D.
Teknik kultur jaringan merupakan suatu teknik untuk mengisolasi bagian tanaman (kelompok sel dan jaringan) serta menumbuhkannya dalam kondisi aseptik sehingga bagian-bagian tersebut dapat memperbanyak diri dan beregenerasi menjadi tanaman lengkap kembali. Teknik ini bertujuan memperbanyak tanaman secara vegetatif dengan sifat sama (seragam). Menciptakan tanaman tahan hama dan penyakit, tanaman berproduktivitas tinggi, serta tanaman transgenik merupakan peranan dari rekayasa genetika karena menghasilkan sifat-sifat baru yang berbeda dari induknya.
7. Jawaban : E.
Teknik fertilisasi in vitro yaitu teknik perbanyakan hewan yang dilakukan pada medium buatan sehingga proses perkembangan embrio berlangsung di luar tubuh induknya. Salah satu tujuan teknologi ini untuk memproduksi hewan yang memiliki sifat unggul dalam jumlah banyak, contohnya hewan yang tahan terhadap berbagai penyakit. Pemenuhan pangan berupa protein, mencegah penularan penyakit, pembuatan biogas, serta menghasilkan antibiotik bukan manfaat dari ilmu Biologi molekuler.
8. Jawaban : B.
Anatomi merupakan cabang Biologi yang mempelajari struktur dalam tubuh makhluk hidup. Sedangkan fisiologi merupakan cabang Biologi yang mempelajari proses dan kegiatan di dalam tubuh makhluk hidup. Ilmu anatomi dan fisiologi dibutuhkan dalam dunia kedokteran dalam pencangkokan ginjal, jatung, sumsum tulang belakang, dan hati. Mengidentifikasi jenis-jenis mikroba penyebab penyakit pada manusia atau hewan memanfaatkan ilmu mikrobiologi. Pengaturan pola makan bergizi menggunakan teknik torso memanfaatkan ilmu biokimia. Rekombinasi susunan gen virus flu burung buatan memanfaatkan ilmu Virologi. Adapun penemuan vaksin dan antibiotik memanfaatkan ilmu mikrobiologi dan virologi.
9. Jawaban : B.
Cara paling efektif untuk mencegah penyebaran penyakit malaria yaitu memutus perkembangbiakan nyamuk Anopheles sp. dengan demikian, kita dapat melakukan pencegahan sejak dini. Untuk mempelajari siklus hidup dan perkembangbiakan nyamuk Anopheles sp. dapat diperdalam melalui ilmu entomologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang serangga. Memutus perkembangbiakan nyamuk Anopheles sp. akan jauh lebih efektif daripada melakukan pengobatan kepada penderita malaria.
10. Jawaban : E.
Bioteknologi merupakan suatu teknologi yang menfaatkan organsime hidup atau bagian dari organisme hidup untuk menghasilkan atau memodifikasi suatu produk. Salah satu bioteknologi contohnya sidik DNA. Sidik DNA merupakan teknik untuk mengidentifikasi seseorang berdasarkan profil DNA-nya. Prosedur sidik DNA hampir sama dengan mencocokkan sidik jari seseorang. Perbedaannya ialah pada proses ini dilakukan tidak menggunakan sidik jari, tetapi menggunakan DNA individu karena DNA setiap individu bersifat identik.
11. Jawaban : D.
Bacillus thuringiensis merupakan bakteri yang berperan sebagai insektisida alami. Dalam bidang pertanian telah dikembangkan tanaman transgenik yang mengandung bakteri tersebut. Jika hama pertanian seperti serangga dan wereng memakan tanaman transgenik yang mengandung bakteri Bacillus thuringiensis, hama tersebut akan mati. Cara ini lebih mudah dan ramah lingkungan jika dibandingkan dengan penggunaan peptisida/insektisida kimia yang dapat mencemari lingkungan.
12. Jawaban : D.
Perkembangan ilmu Biologi dalam bidang mikrobiologi sangat berguna bagi dunia kedokteran untuk mengetahui jenis-jenis mikrobia penyebab penyakit tertentu. Mengidentifikasi suatu penyakit tertentu memanfaatkan ilmu patologi. Membuat vaksin untuk menyembuhkan virus memanfaatkan ilmu virologi. Membuat menu sehat dan seimbang memanfaatkan ilmu biokimia. Adapun mencangkok organ ginjal dan jantung memanfaatkan ilmu anatomi dan fisiologi.
13. Jawaban : C.
Cabang ilmu Biologi yang mempelajari tentang kehidupan serangga adalah entomologi. Dengan mempelajari entomologi, kita dapat mengetahui kehidupan wereng. Oleh sebab itu, kita dapat menentukan cara paling tepat untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap hama tersebut. Mikrobiologi merupakan cabang ilmu Biologi yang mempelajari mikroorganisme dan kehidupannya. Parasitologi merupakan cabang ilmu Biologi yang mempelajari organisme parasit dan pengaruhnya bagi kehidupan. Ornithologi merupakan cabang ilmu Biologi yang mempelajari burung dan kehidupannya. Adapun patologi merupakan cabang ilmu Biologi yang mempelajari berbagai penyakit dan dampaknya bagi manusia.
14. Jawaban : C.
Fisiologi adalah ilmu tentang faal tubuh. Ekologi adalah ilmu tentang interaksi makhluk hidup dan lingkungannya. Evolusi adalah ilmu tentang perkembangan makhluk dari masa ke masa. Genetika adalah ilmu tentang pewarisan sifat suatu generasi ke generasi berikutnya.
15. Jawaban : E.
Cabang ilmu biologi yang mempelajari berbagai penyakit dan pengaruhnya terhadap kehidupan disebut dengan patologi, sedangkan yang dimaksud penduduk kasus di atas adalah kumpulan manusia berarti tingkatan organisasinya adalah populasi.
Source :
Adip MS, Esthiwi RP, Nur Miftah Hanifa, Yuli Pratiwi, D. C. Ningsih, Triyani. Strategi & Kupas Tuntas SKL UN SMA/MA IPA Edisi Lengkap. Solo: Genta Smart Production, 2014.
Adip Ma'rifu Sururi, Dhara Nurani. Detik-Detik Ujian Nasional: Biologi, Tahun Pelajaran 2014/2015. Klaten: PT Intan Pariwara, 2015.
Lukman Hakim, S.Pd. Detik demi Detik Menghadapi UN SMA/MA IPA 2015. Jakarta : PT Grasindo.
Tim Guru Eduka. Fresh Update Mega Bank Soal Biologi SMA Kelas 1, 2, & 3. Jakarta : Cmedia.
Lukman Hakim, S.Pd. Detik demi Detik Menghadapi UN SMA/MA IPA 2015. Jakarta : PT Grasindo.
Tim Guru Eduka. Fresh Update Mega Bank Soal Biologi SMA Kelas 1, 2, & 3. Jakarta : Cmedia.
dari pelajaran yang paling bikin gw pusing yah cuma ini nih biologi
BalasHapusPOKERWAW
Daftar Poker Online
Wow Keren
Poker Pulsa
QQ Online
Bandar Ceme Online
Bandar Poker Resmi
Agen Poker Pulsa
Hubungi kami melalui cara di bawah ini
BBM : POKERWAW
WhatsApp : (+855)715381888
LINE : POKERWAW
LIVECHAT POKERWAW